Tobatnya Malaikat Harut dan Marut

ilustrasi malaikat harut dan marut. muhibbin.com

muhibbin.com, – Harut dan Marut adalah dua malaikat yang diturunkan Allah SWT ke muka bumi untuk sebuah misi tersendiri. Ternyata, mereka tidak lulus melewati ujian dari Tuhan. Berikut cerita selengkapnya.

Cerita ini berasal dari Abu Bakar Abdullah bin Muhammad bin Ahmad bin Annaqur Rahimahullau Ta’ala. Beliau mendapat riwayat yang berseumber dari Abdullah bin Umar. Beliau mendengar Rasulullah bersabda bahwa ketika Adam AS diturunkan oleh Allah ke bumi, berkatalah para malaikat:

“Wahai Tuhan kami, apakah engkau akan menjadikan di atas muka bumi orang yang akan membuat kerusakan di atasnya dan menumpahkan darah, padahal kami selalu bertasbih memuji dan mengagungkan-Mu? Allah berfirman, ‘Sesungguhnya Aku maha Mengetahui atas apa yang tidak kalian ketahui’ (QS. Al Baqarah: 30).”

Baca juga: Sejarah Haji di Kalsel (1), Perjalanan yang Memerlukan Ketabahan

Para malaikat berkata, “Wahai Tuhan kami, sungguh kami lebih berbakti kepada-Mu dari anak Adam. Allah berfirman kepada mereka, ‘Tunjuklah dua malaikat yang akan Kami turunkan ke muka bumi, lalu Kami akan melihat apa yang akan dikerjakan oleh kedua-Nya.’

Mereka menjawab, ‘Kami menunjuk Harut dan Marut’.”

Allah kemudian menurunkan kedua malaikat itu ke muka bumi. Pada keduanya ditampakkan bintang  laksana wanita yang cantik memesona. Wanita cantik itu mendatangi kedua malaikat. Dua malaikat itu kemudian merayunya, tetapi ia menolak dan ajakan keduanya seraya berkata, “Aku tidak akan memenuhi ajakan kalian sampai kalian mengucapkan kata-kata yang mengandung syirik.”

Kedua malaikat itu pun menolak dan berkata, “Kami tidak akan menyekutukan Allah dengan sesuatu apa pun selama-lamanya.”

One thought on “Tobatnya Malaikat Harut dan Marut”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *